Tahukah Anda? Garam Bisa Digunakan untuk Membasmi Rayap

Apakah Anda tahu bahwa salah satu hama yang sering menyerang rumah kayu adalah rayap. Dan rayap selalu hidp secara bergerombol lebih tepatnya ‘koloni’.Ya, mereka hidup dengan koloni yang jumlahnya bisa mencapai ribuan. Banyak sekali bukan? saatnya Anda memanggil jasa anti rayap.

Bayangkan saja rayap yang jumlahnya ribuan ini mulai menggerogoti rumah dan perabotan kayu Anda. Selain berbahaya juga membuat Anda mengalami kerugian yang besar. Jadi, setelah Anda tahu tempat seperti apa yang menjadi tempat kesukaan rayap, Anda juga harus tahu apa saja yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah rayap.

Rayap tidak bisa hidup di tempat yang terang, kering, dan juga bersih. Mereka suka tempat yang gelap, lembab, dan kotor. Dan ternyata ada satu hal lagi yang belum banyak orang ketahui bahwa rayap tidak menyukai garam. Itulah mengapa garam bisa menjadi obat rayap berkualitas yang terbuat dari bahan alami. Selain murah, juga mudah untuk didapatkan.

Apakah Anda juga penasaran? Kenapa rayap tidak menyukai garam? Coba simak di bawah ini:

  1. Garam Memiliki Efek Panas

Apakah Anda pernah memiliki luka kecil di jari dan tanpa sengaja luka tersebut terkena garam. Tentu rasanya perih. Ini karena garam memiliki sifat panas jika terkena kulit. Terlebih lagi kulit rayap sangat tipis. Tentu saja sangat berdampak padanya.

Inilah mengapa rayap sangat menghindari garam, jika tahu ada garam di sekitarnya, rayap akan langsung pergi dan menjauhinya. Anda juga bisa mencampurkan garam dengan daun sirih atau bisa juga dengan air bekas cucian beras. Semprotkan pada daerah sarang rayap. Ini sangat efektif membasmi rayap.

  1. Garam Menyerap Kelembaban

Alasan kedua adalah karena garam memiliki kemampuan menyerap kelembaban. Sehingga udara yang ada di ruangan berasa kering. Ini adalah sesuatu yang tidak disukai oleh rayap.

Dengan adanya garam, rayap tidak akan mendekati daerah tersebut. Jadi sebaiknya, Anda taburi garam di daerah yang ingin Anda lindungi dari koloni rayap.  Seperti lemari, rak buku, atau mungkin disekitar rumah Anda.

  1. Garam Dicampur Dengan Puntung Rokok

Selanjutnya, kenapa rayap tidak menyukai garam? Karena garam memiliki tekstur yang tidak disukai rayap. Selain dicampur dengan air bekas cucian beras, ternyata mencampur garam dengan tembakau juga sangat ampuh untuk membasmi rayap.

Tembakau yang bisa Anda temukan dipuntung rokok ini bisa Anda campurkan dengan garam. Caranya mudah, rendamlah beberapa punting rokok yang terbuat dari tembakau dan campurkan dengan beberapa sendok garam selama satu malam. Lalu semprotkan ke daerah yang ingin Anda lindungi dari rayap, atau bisa juga langsung semprot ke sarangnya.

  1. Garam Bersifat Asam

Garam memiliki sifat asam yang cukup kuat sehingga rayap tidak terlalu menyukainya. Sifat garam basa bisa Anda temukan di sabun. Sehingga dengan kata lain, Anda juga bisa menggunakan sabun untuk mengusir rayap. Anda bisa melarutkan sabun cair maupun sabun bubuk dengan sedikit air lalu menyemprotkanya ke arah sarang rayap. 

Rayap akan mati sedikit demi sedikit dan sebagian akan memilih pergi jika sudah tahu keberadaan sabun tersebut.

Jadi bagaimana? Apakah Anda sudah tahu kekuatan garam dalam mengatasi masalah rayap? Tanpa kita sadari ternyata garam yang terlihat biasa ini bisa juga mengatasi masalah yang cukup besar di kehidupan kita ya. Jika garam masih gagal mengatasi rayap, sebaiknya Anda panggil jasa pembasmi anti rayap agar rayap bisa segera hilang. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *